Meski Nilai Etikanya Kurang Pas, Bupati Kukar Kasih "Jempol" untuk Ahok


SAMARINDA, KOMPAS.com - Mundurnya Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dari Partai Gerindra, juga ditanggapi Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rita Widyasari. Rita mengacungkan jempol untuk Ahok lantaran berani memutuskan sesuatu dan sudah menghitung segala konsekuensinya.

“Setiap insan punya prinsip masing-masing. Saya sangat menghargai sikap beliau. Sikap tegas beliau diambil dengan segala konsekuensi, saya hormati itu,” kata Rita (11/9/2014).

Meski demikian, Rita menilai secara etika sikap tegas Ahok kurang pas untuk partainya. Pasalnya, Gerindra merupakan partai pengusung dia maju menjadi orang nomor dua di Jakarta.

“Secara etika kepartaian, sikap tegas itu kurang pas. Sebab, gerindra merupakan partai pengusung. Tapi itu secara etika saja,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Ahok resmi mengajukan surat pengunduran diri kepada DPP Partai Gerindra di Jakarta. Surat pengunduran diri itu diterima Sekretariat DPP Partai Gerindra pada Rabu (10/9/2014) siang.

Pengunduran diri Ahok ini seiring dengan polemik perbedaan pendapat dia dengan Partai Gerindra terkait Rancangan Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang saat ini masih menjadi pembahasan di DPR RI.

Partai Gerindra dengan Koalisi Merah Putih-nya mengusulkan sistem pilkada dikembalikan melalui pemilihan di DPRD. Sedangkan Ahok berpandangan bahwa pilkada mesti dilakukan secara langsung oleh rakyat sehingga saat dirinya tak menyetujui keputusan partainya, maka AHok merasa perlu mengundurkan diri.

http://regional.kompas.com/read/2014/09/11/16565841/Meski.Nilai.Etikanya.Kurang.Pas.Bupati.Kukar.Kasih.Jempol.untuk.Ahok?utm_source=WP&u 

Komentar

Postingan Populer